Langsung ke konten utama

Semangat Belajar Al Quran

Pisau, semakin diasah semakin tajam
Jika dibiarkan akan tumpul dan tak berguna

Angin pagi membuat udara dingin menusuk tulang. Sehingga beberapa siswa ada yang memakai jaket untuk menghangatkan tubuhnya. Namun mereka tetap semangat menimba ilmu. Seperti biasa, jam pertama setelah baris di kelas belajar tilawati. Tilawati merupakan salah satu metode membaca Al-Quran yang diterapkan di Madrasah Pembangunan UIN Ciputat. Satu per satu langkah kaki mereka terdengar memasuki ruang kelas. Karena kelompoknya dibagi-bagi sesuai tingkatan mengajinya, maka saya diamanahkan membina jilid 4 di kelas 3.
Hari Senin, hari dimana anak-anak tidak bertatap muka dengan saya untuk membaca tilawati. Sudahlah libur, di rumahpun tidak dibaca. Alhasil bacaannya menjadi kacau, banyak hukum tajwud yang ditabraknya.
“Kalian tahu pisau?” tanya saya.
“TAHUUUUU” serentak semua menjawab.
“Pisau itu tajam, bisa digunakan untuk memotong sayuran. Tapi apa yang terjadi jika pisau itu tumpul?” saya bertanya lagi.
“ Tidak bisa digunakan Bu”, jawab siswa berpeci.
“ Ya. Betul. Maka untuk menajamkannya kembali, kita harus mengasahnya di atas batu asahan.”
“Begitupun mengaji. Sudah lancar mengaji bukan berarti merasa tidak perlu belajar lagi. Justru dengan kita terus berlatih membaca Al-Quran, maka kemampuan kita akan bertambah. Apa yang kita baca dan pelajari setiap hari dapat tersimpan dalam memori”. Saya menjelaskan dengan perlahan tapi tegas.
“Bu, memorinya harganya berapa?” celetuk salah seorang siswa.
Tersenyum saya mendengarnya, “Nak, kita diberikan memori sama Allah sejak lahir dengan GRATIS”
Semuanya terperangah mendengar jawabannya.
Ya begitulah mendidik anak-anak untuk terus mau membaca Al-Quran dengan tartil. Senantiasa memotivasinya agar semangat itu terus tumbuh dan berkembang.
Jarum jam menunjukkan pukul 08.05. Saatnya pergantian jam pelajaran. Para generasi sholih dan sholeha membaca doa selesai mengaji dan ditutup dengan salam. Tak lupa tugas di rumah yaitu membaca halaman yang hari ini dibaca dan yang akan dibaca esok hari.

#Tugas 2 KMO#batch 1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maaf, Aku Mengeluh

Menikmati fase kehidupan Tidak selalu ada tawa Kadang berurai air mata Ada juga amarah yang mengguncang Jatuh lalu bangkit, kemudian bertahan Ujian yang terus hadir bergiliran Membuatku berbenah diri Remedial kehidupan terus kucoba Sesak, saat kutahu gagal lagi Suara tersekat di kerongkongan Mencari kekuatan dalam batin  Kuhanya bisa pejamkan mata Hingga tangis itu pecah Aku Tenggelam dalam kesedihan Menyesal Tetapi kesalahan kadang diulangi  Aku bukan malaikat, Tuhan Aku juga bukan kalangan iblis Ada jiwa hampa Ada ruang kosong Ada ruh yang dipancung Tuhan, Maaf aku mengeluh Ciputat, 30 Mei 2022 @Nurmala

TAHUN GAJAH

 #day2 #30hariorangtuamembacakanbuku #30hariberkisah #KomunitasCintaAnak 95_Nurmala_ Kelahiran Nabi Muhammad SAW Menakjubkannya Masa Kecil Sang Utusan Allah SWT TAHUN GAJAH Hari kedua dalam tantangan ini, Afnan minta dibacakan buku lanjutan sirah nabawiyah jilid 2. Buku ini mengisahkan tentang peristiwa menakjubkan yang saat kelahiran Nabi Muhammad dan semasa pengasuhan oleh Bunda Halimah. Sebelum mulai membacakan, saya mereview dulu kisah sebelumnya dengan tanya jawab. Supaya kisahnya tidak terputus.  Kisah diawali dengan pasukan gajah yang ingin menyerang ka'bah. Namun digagalkan oleh Allah dengan mengirimkan burung ababil yang membawa bola api panas. Peristiwa tersebut diabadikan Allah dalam Al-Quran di surat Al-Fiil. "Itukan surat yang ibu baca waktu solat magrib kemarin," kata Afnan saat mendengarkan saya membaca surat Al-Fiil. Kisah dilanjutkan dengan kelahiran Muhammad yang disambut gembira oleh seluruh penduduk Mekkah, terutama sang kakek, Abdul Mutholib. Di sini ...

PRASANGKA

 #day5 #30harimembacakanbuku #30hariberkisah #KomunitasCintaAnak 95_Nurmala_Syukur dan Tidak Sombong PRASANGKA Di hari ke-5 ini, Afnan ingin menyelesaikan buku sebelumnya. Karena masih ada dua kisah yang belum dibaca. Walaupun sebenarnya buku ini sudah pernah khatam sekali.  Pada kisah Akasia, Kurma, dan Kaktus, diceritakan tentang Akasia yang sombong. Ia suka membanggakan dirinya. Dia juga suka merendahkan dua temannya, yaitu Kurma dan Kaktus. Namun, segalanya berubah setelah Akasia mengetahui kelebihan Kurma dan Kaktus. Dia merasa malu dan meminta maaf.  Karakter yang ingin ditanamkan untuk anak-anak yaitu janganlah bersifat sombong. Karena setiap diri kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Lain hal dengan kisah Keledai ingin Seperti Unta. Keledai ini iri dengan unta yang selalu diberi makan dan minum yang banyak sebelum melakukan perjalanan. Dia berpikir, saudagar lebih sayang kepada unta dibanding dirinya. Dalam perjalanan, banyak hal tak terduga yang dilihat oleh ke...